CARA MENYETEK POHON KOPI DENGAN BENAR

cara stek tunas pohon kopi, cara stek kopi arabika, stek pohon kopi yang mudah


Selamat sore kawan . . .
Kali ini saya mau share tata cara menyetek pohon kopi dengan benar.

Yang di maksud dengan kopi setek adalah penyambungan antara tunas batang dengan cabang dari pohon kopi yang lain, dimana tunas menjadi bagaian bawah dan cabang menjadi bagian atas, sehingga kalau sudah tumbuh berkembang pohon kopi akan pendek dan berkembang seperti dish parabola ,hehe. . .

Tujuan dari penyetekan adalah untuk memudakan ranting-ranting pohon dan juga untuk memaksimalkan produksi kopi dari pohon kopi tersebut.

A.PERSIAPAN PENYETEKAN

1.Bahan


a.Tunas

Pilihlah Tunas batang yang sudah berumur 3 bulan keatas, yang sudah siap di setek.

b.Cabang

Ambilah cabang dari pohon kopi yang berbuah lebat, karena itu sungguh berpengaruh dalam berbuahnya pohon kopi yang akan disetek itu, nantinya.


2.Alat

Dalam penyetekan ini alat yang di butuhkan antara lain:


a.Gunting dan Gergaji untuk memotong.

a.Pisau pendek agak tipis untuk mengiris/karter.

c.Plastik es ukuran 43X18 untuk pengikat dan penutup.

B.PENYAMBUNGAN

Potong tunas batang 4cm, ambil pisau/karter lalu unjung pisau di letakkan di bagian kulit atas tunas, tekan dan goyang kekiri kekanan dengan demikian kulit akan terbuka, kemudian ambil satu ruas cabang lalu iris miring bagian sampingnya satu sisi saja, setelah itu tancapkan pada tunas yg telah kita buka tadi, ambil plastik es tarik sebagian, bagian ujung dan pertengahannya hingga memanjang, bagian yg ditarik diikatkan pada sambungan, setelah itu sisa ikatan kita potong lalu tutupkan pada sambungan, jadi satu plastik es digunakan sebagai pengikat dan juga penutup sambungan.
jangan lupa iket jadi nyambung dulu bibit induk, plstiknya agak di panjangin biar ngak nyenggol ikatan, terus ikat yang kuat, biar ngembun, sktar 1-2 minggu sudah keluar daun kalo bagus.

Inilah beberapa tutorial tentang menstek pohon kopi dengan benar, semoga bermanfaat, bila ada salah penulisan atau kurang paham mohon maaf dan bisa di tanyakan di kolom komentar.

terima kasih
Cikal Mari Bertanam Untuk Penghijauan.

3 Komentar untuk "CARA MENYETEK POHON KOPI DENGAN BENAR"

  1. maaf mau nanya untuk cabang kopi nya yang dibutuhkan yang masuh hijau atau yang udah tua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang masih hijau mas,cari saja dari ranting pohon kopi yang mampu produksi buah yang lebat kemudian kita ambil pupusnya buat bahan cabang stekan.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel