Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menanam duren/durian agar cepat besar dan berbuah

cara menanam duren

cara menanam duren atau durian agar cepat tumbuh dengan besar dan berbuah lebat tentunya membutuhkan sebuah cara menanam durian yang baik dan benar serta cara merawat duren secara profesional.

Untuk itu kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial cara menanam duren atau durian dengan baik dan benar beserta cara merawatnya.

Dan berikut langkah-langkahnya...

  • Pemilihan Jenis bibit stek duren/durian yang unggul dan berkualitas baik.
  • Cara menanam durian yang baik dan benar.
  • Cara merawat duren.

Pemilihan Jenis Bibit Stekan Duren/Durian Yang Unggul Dan Berkualitas Baik.

Hal pertama yakni pemilihan jenis bibit duren yang baik dan benar yang mempunyai kualitas unggul dan sehat.
Untuk jenis duriannya silahkan sesuaikan dengan kesukaan kalian, seperti jenis bibit duren candi mulyo, duren mimang, duren montong, dureng matahari, duren  bawor dan jenis duren lainnya.
Yang penting pastikan jenis bibit yang mempunyai keunggulannya dan kesehatannya bagus.

Cara menanam duren yang baik dan benar.

Untuk cara menanam duren yang baik dan benar langkah yang harus di lakukan yakni,

Persiapan lahan durian

lubang pohon duren

Hak pertama silahkan anda gali lubang untuk tempat bibit durian yang kalian akan tanam, gali lubang dengan ukuran kurang lebih 50 cm persegi dan dengan kedalaman 50 cm juga.

Proses pemupukan dasar durian.

pupuk pohon duren

Setelah galian sudah di siapakan kemudian silahkan anda campurkan tanah galian tersebut dengan pupuk kandang, pupuk organik semanggi, obat uret, phonska, npk 16:16.
Setelah sudah tercampur silahkan anda tutup kembali lubang tersebut dengan tanah yang sudah di campur dengan kombinasi pupuk tersebut dan biarkan selama seminggu sebelum melakukan penanaman durian.

Proses penanaman duren.

Setelah langkah di atas sudah di lakukan, silahkan anda buat lubang kembali dengan ukuran yang sesuai dengan besar polybag bibit duren anda dan sesuai juga dengan kedalaman polybag.
Setelah selesai, silahkan masukan bibit duren berpolybag tersebut kedalam lubang dan jangan sampai lupa untuk mengambil plastik polybag dalam bibit tersebut dan silahkan tutup kembali lubang tersebut dengan tanah secara merata dan padat.

Cara merawat durian/duren yang benar.

Untuk proses merawat pohon duren sebenarnya mudah cukup berikan pemupukan rutin 2-3 kali setiap tahunnya, dan khusus untuk pohon duren yang baru saja di tanam silahkan mulai memberikan pemupukan ketika pohon durian menginjak usia 20 hari setelah penanaman.
Yang kedua dalam proses merawat pohon dureng yang harus di lakukan yakni penyemprotan daun dan penyiangan lahan pohon duren.
Ketika mulai ada hama yang ingin menyerang pohon duren silahkan berikan pencegahan dengan melakukan penyemprotan dengan obat hama, agar pohon duren anda tumbuh dengan cepat besar dan berbuah lebat.
Dan jangan lupa untuk melakukan penyiangan lahan di sekitar pohon duren, jangan sampai rumput-rumput liar tumbuh dan menganggu pertumbuhan pohon.
Setelah pohon duren sudah mulai tinggi jangan lupa untuk melakukan pemangkasan ranting pohon duren agar tanaman duren anda tumbuh ke atas bukan kesamping.

Demikian artikel ini tentang budidaya duren, cara menanam pohon durian/duren yang baik dan benar beserta cara mudah merawatnya.
Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Cikal
Cikal Mari Bertanam Untuk Penghijauan.

Posting Komentar untuk "Cara menanam duren/durian agar cepat besar dan berbuah"