Cara menanam kacang panjang di galengan sawah

cara menamam kacang panjang
Cara menanam kacang panjang sebenarnya mudah sekali, tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar pohon kacang panjang berbuah lebat di butuhkan cara pemeliharaan tanaman kacang panjang yang baik dan benar.

Di artikel kali ini saya akan membagikan sebuah artikel tentang cara menanam kacang panjang di galengan sawah.

Seperti yang kita ketahui bahwa tanaman kacang panjang merupakan jenis  tanaman sayuran yang mudah tumbuh dan gampang dalam segi perawatan, di samping itu kacang panjang juga merupakan salah satu sayuran yang banyak di konsumsi oleh masyarakat di indonesia karena memang harga jual yang terjangkau dan mempunyai nilai nutrisi yang bagus buat tubuh manusia.
Berikut Rincian nutrisi yang terkandung dalam sayuran kacang panjang seperti yang telah di lansir oleh wikipedia

Vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan.
Nilai gizi kacang panjang (mentah) per 100 g (3.5 oz)
Energi 196 kJ (47 kcal)
Karbohidrat 8 g
Diet serat 3,6 g
Lemak 50 g
Protein 200 g

Di samping itu kacang panjang juga bisa di jadikan obat penyakit seperti antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.

Dan cara menaman kacang panjang yang baik dan benar di galengan sawah.


Persiapan Lahan Galengan[pematang sawah].

cara menanam kacang panjang

Proses pertama siapkan lahan galengan untuk lahan tanaman kacang panjang.
Ketika musim padi datang biasanya para petani sekalian menanam kacang panjang di galengan untuk sampingan bercocok tanam padi mereka.

Untuk contoh lahan galengannya silahkan anda lihat gambar di atas.
Persiapan benih kacang panjang yang unggul.
Silahkan anda untuk menanyakan jenis bibit kacang panjang yang unggul dan super kepada toko pertanian di area sekitar rumah anda.

  • Penanaman kacang panjang.

Setelah lahan galengan sudah siap selanjutnya proses penanaman.
Untuk cara menanam kacang panjang metode yang saya gunakan sebenarnya sangat mudah yakni dengan cara ponjo(lubangi tanah galengan) sekitar kedalaman 2 cm, kemudian masukan biji benih kacang panjang sebanyak 1-2 biji perlubang.

Untuk jarak tanaman kacang panjang yang saya gunakan yakni sekitar 10-15 cm perlubang.

  • Pemupukan tanaman kacang panjang.

Setelah benih kacang panjang tumbuh perkiraan umur pertumbuhan 10 hari semenjak masa penanaman, mulailah untuk melakukan pemupukan tanaman.
Untuk jenis pupuk yang saya gunakan yakni pupuk kandang dan urea, untuk lebih lanjutnya silahkan anda konsultasi kepada toko pertanian di sekitar untuk jenis pupuk kacang panjang yang cocok ditanah sawah anda.

  • Pemberian Ajir.

Ketika tanaman kacang panjang sudah mulai tumbuh besar kira-kira tinggi tanaman 10 cm, jangan lupa untuk memberikan ajir di setiap pohon batang tanaman kacang panjang anda, agar tanaman kacang panjang tidak roboh ketika terkena angin dan untuk memudahkan pertumbuhan perambatan tanaman kacang panjang anda.

Untuk cara pemberian ajirnya silahkan anda buat ajir dari bambu dengan tinggi sekitar kurang lebih 2,15 meter kemudian tancapkan ke pinggir batang tanaman dan kemudian ikat batang pohon kacang panjang dengan anjir menggunakan tali rafia atau sejenisnya.

  • Penyemprotan tanaman

Untuk menanggulangi hama yang menyerang tanaman kacang panjang anda, mulailah untuk melakukan penyemprotan hama, dan berikan penyemprotan obat perangsang buah kacang panjang agar tanaman kacang panjang anda berbuah lebat dan menghasilkan sayur kacang panjang yang super dan berkualitas tinggi.

  • Penyiangan tanaman kacang panjang.

Selalu bersihkan rumput liar yang tumbuh di area tanaman kacang panjang, agar pertumbuhan tanaman kacang panjang anda tidak terganggu, sehingga tanaman kacang panjang tetep tumbuh dengan subur, sehat dan berbatang besar.

  • Masa Panen.

Untuk biasanya masa panen tiba untuk tanaman kacang panjang sekitar usia 30-45 hari dari masa penanaman.

Demikian artikel kali ini tentang cara menanam kacang panjang di galengan sawah, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah mengunjungi blog kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara menanam kacang panjang di galengan sawah"

Posting Komentar