Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat bunga anggrek dari kresek plastik tanpa setrika dengan mudah

Tutorial kerajinan dari limbah plastik kali ini yang akan saya bagikan untuk anda yaitu tentang cara membuat bunga cantik dari kresek tanpa lem tembak dan setrika.

Cara membuat bunga dari kresek plastik tanpa setrika dan lem tembak
Seperti yang kita ketahui bahwa dalam berkreasi bikin bunga dari plastik salah satu langkah paling sulit yakni proses pengeleman dan pengosokan plastik dengan setrika.
Oleh karena itu di artikel kali ini saya mencoba membuatkan sebuah tutorial cara membuat bunga hias dari kresek tanpa lem dan setrika dengan hasil yang menarik dan cantik, dan tentunya untuk proses pembuatannya juga lebih mudah dan cepat.


Cara membuat bunga dari kresek plastik tanpa setrika dan lem tembak lengkap dengan gambar


Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang digunakan antara lain sebagai berikut :

Alat dan bahan di butuhkan:

1. Kresek bekas ( aneka warna )
    Ungu : 7x7 cm
    Hijau : 7x7 cm
    Merah : 5x5 cm
    Putih : 5x5 cm
2. Gunting
3. Benang
4. Solasi hijau
5. Kawat
6. Korek api/lilin



Langkah-langkah cara membuatnya :

1. Gunting masing-masing kresek sesuai ukuran.


2. Lipat dan gunting ujungnya secara melingkar lalu buka dan menjadi lembaran mahkota bunga. Lakukan cara ini pada kresek warna merah. Buat masing-masing 5 kelopak untuk membuat bunga berjumlah 5.





3. Buat bentuk jejak mahkota bunga dengan membakar bagian bawah menggunakan korek api. Lakukan dengan hati-hati dan telaten.




4. Buat putik bunga dengan menggunakan kresek putih yang di masukan beberapa sisa guntingan kresek di dalamnya lalu bungkus serta masukkan kawat dan ikat dengan benang.



5. Masukkan mahkota satu persatu dengan di awali dengan memasukkan mahkota yang merah lalu ungu, balut tangkai dengan solasi hijau.





6. Buat bagian bunga pentol ( belum mekar ) dengan kresek ungu yang di masukan sisa potongan kresek lalu bungkus dan ikat memutar dengan benang, jika sudah balut dengan solasi hijau.






7. Bagian terakhir adalah membuat daun dengan cara menggabungkan 2 lembar kresek hijau lalu tekuk menjadi 2 dan buat jejak samping dengan menggunakan korek api, jika sudah gunting bagian yang belum di bakar untuk di gunting menyerupai bentuk daun, buka dan bakar kembali bagian pinggirnya agar menyatu dan rapi.






8. Susun semua bagian dari bunga untuk di rangkai sesuai keinginan Anda. Lilit bagian-bagian bunga dengan solasi hijau.


gambar bunga dari plastik


Demikian tutorial membuat bunga hias dari limbah plastik khususnya plastik kresek bekas, semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Selamat mencoba dan terimakasih.



Cikal
Cikal Mari Bertanam Untuk Penghijauan.

Posting Komentar untuk "Cara membuat bunga anggrek dari kresek plastik tanpa setrika dengan mudah"