Cara Membuat Topi Dari Bungkus Kopi

 Karya limbah plastik khususnya bungkus kopi dapat kita manfaatkan menjadi karya kerajinan yang berguna bagi kita semuanya, selain di buat tas atau dompet limbah tersebut juga bisa di buat karya lain yang tidak kalah manfaat nya seperti contoh karya yang akan kita bahas berikut ini yaitu topi, bentuknya yang unik dan berbeda menjadi daya tarik tersendiri.

Topi ini adalah jenis topi pantai yang di buat dengan ukuran sedang memakai 4 ujung, dengan menggunakan bungkus kopi kapal api spesial mix yang di anyam menggunakan metode anyaman sudut tidak rapat (berlubang) tetapi untuk karya ini lubang tertutup dengan adanya anyaman tunggal sehingga cukup cocok dikenakan ketika musim hujan maupun musim panas, ada tambahan hiasan pita di tengah memberikan kesan feminim,selain cantik dan unik kita juga berkontribusi dalam menjaga keseimbangan alam dengan menggunakan produk daur ulang.

Kerajinan Plastik: Cara Membuat Topi Dari Bungkus Kopi

Topi dari bungkus kopi


Mari simak selengkapnya disini untuk proses pembuatannya.

Alat dan bahan yang digunakan antara lain sebagai berikut : 

1. Bungkus kopi
2. Gunting
3. Benang dan jarum
4. Pita 

Langkah - langkah

1. Langkah awal yang harus di lakukan ialah menyiapkan potongan bungkus kopi dengan ukuran panjang 7 cm lalu lipat ke dalam dan buat lipatan dengan ukuran lebar 2 cm. Pilih motif yang bertuliskan kapal api. 

2. Anyam menggunakan metode anyaman sudut tidak rapat ukuran 3x3.

3. Buat bagian pojok segitiga di ke 4 sisi.

4. Lanjutkan menganyam memutar dan buat anyaman pojok dengan anyaman terpisah lalu buat sudut segi lima.

5. Anyam kembali memutar.

6. Pada bagian sisi pojok masing-masing buat anyaman segi lima kembali lalu ujung tengah, kanan dan kiri di buat anyaman segitiga.

7. Lakukan pada ke 4 pojok.

8. Masukkan sisa ujung lipatan ke dalam. 

9. Buat anyaman tunggal sebanyak 32 lipatan lalu jahitkan pada bagian atas dan bawah serta ujung pojok masing-masing.

10. Selipkan pita pada bagian lubang tengah dan di ikat.

Perhatikan gambar foto langkah-langkah membuat topi dari bungkus kopi di bawah ini.












Demikian tutorial membuat topi pantai dari bungkus kopi, semoga dapat menjadi referensi bagi anda untuk berkreasi dalam mendaur ulang limbah menjadi karya yang unik dan menarik. Jika belum jelas silahkan klik link tutorial versi video tentang cara membuat topi pantai dari bungkus kopi, Terima kasih.

Label: